Waspada, Haus Terus Menerus, Bisa Jadi Ada Penyakit

0
203
Segelas air putih (anja)

MALANGVOICE – Haus adalah tanda bahwa tubuh membutuhkan cairan untuk menjalankan metabolisme. Namun, selalu merasa haus sepanjang waktu justru bisa jadi tanda ada hal yang tidak normal dalam tubuh.

Dokter di Jalan Arumba, Tegalgondo, dr Rahman Agus mengatakan, penyebab sering haus salah satunya diabetes. Kadar gula darah yang tinggi membuat ginjal perlu memproduksi lebih banyak urine untuk membantu melepaskan glukosa dari tubuh.

“Inilah yang membuat sering haus karena otak memerintahkan tubuh untuk segera mengganti cairan,” kata dia saat dihubungi MVoice.

Penyakit anemia sel sabit juga bisa menjadi penyebab sering haus. Penyakit ini menyebabkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh berkembang tidak normal.

Sel-sel ini dapat menghambat pembuluh darah dan mengakibatkan kerusakan pada organ dan jaringan tubuh. Ginjal juga dapat rusak sehingga pasien menjadi sering haus.

“Makanya kalau sering haus padahal sudah minum, lalu sering buang air kecil juga, sebaiknya check gula darah ke Rumah Sakit ya,” tuturnya.