Warga Ikut Diklat Bela Negara, Kota Batu Pelopor di Indonesia

0
145
Suasana pembukaan Diklat Bela Negara bagi warga Batu. (fathul)

MALANGVOICE – Sekda Kota Batu, Widodo, mengatakan, Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara bagi warga belum pernah dilakukan di manapun di Indonesia. Karena itu, Kota Apel ini menjadi Pemda pertama yang melaksanakannya.

“Ini satu-satunya di Indonesia, dan kita yang mengawali. Bahkan kita anggarkan melalui APBD dengan jumlah per orang Rp 3,5 juta,” ungkap Widodo.

Komandan Kodim 0818 Malang Batu, Letkol Riksany Gumay, berharap warga yang mengikuti program ini bisa ikhlas, sehingga bersemangat mengaplikasikan kecintaan terhadap Tanah Air.

“Ini terobosan yang sangat baik dari Pemkot Batu dalam rangka menumbuhkan sifat dan sikap nasionalisme,” jelas pria asli Palembang ini.

Ditambahkan, pelaksanaan bela negara bagi warga diharapkan dapat menumbuhkan semangat membela negara sesuai dengan profesi masing-masing. Sehingga tugas antara TNI, PNS, hingga berbagai macam pekerjaan lainnya bisa berbeda-beda.

“Kalau sudah pulang nanti, kami harap mereka dapat menyebarkan semangat itu ke lingkungan, minimal ke keluarganya,” tandas komandan bunga dua ini.