Wali Kota Malang Terima Kawastara Pawitra

0
70

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, menerima anugerah Kawastara Pawitra. Pemberian pengharhaan bagi kepala daerah berintegritas dalam penyiapan calon kepala sekolah itu dihelat di Hotel Novotel, Surakarta, Sabtu (15/10).

Penghargaan diberikan langsung oleh Mendikbud RI, Muhajir Effendi. Dalam kesempata itu, dia menegaskan, pendidikan karakter harus menjadi perhatian pendidik, khususnya kepala sekolah. Keberadaan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) perlu dimaksimalkan.

mendikbud2

“Maka komitmen kepala daerah terus mendorong guru mengikuti tahapan pencalonan kepala sekolah melalui wadah ini, menjadi salah satu poin mewujudkan pendidikan yang berkarakter,” ujar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Sementara itu, pihaknya juga memiliki langkah penyesuaian kebijakan. Salah satunya, yakni melalui reformasi manajerial kepala sekolah. Hal itu tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga dimulai di lingkungan kementeriannya.

“Karena itu, kami perlu komitmen kepala daerah. Selain itu pengajaran juga tidak hanya yang bersifat akademis, tetapi literasi juga perlu dilakukan. Kami dorong lebih banyak muatan pengajaran seni budaya, olah raga dan interaksi sosial,” imbuhnya.

Terkait hal ini, Abah Anton, siap mendukung pemikiran dan program yang dicanangkan Mendikbud. “Kami mendukung kebijakan beliau, lebih-lebih terkait pembangunan karakter serta menjadikan output pendidikan nasional bersertifikat nasional,” paparnya.