Wajan Bocor, Pabrik Kacang Telur Terbakar

0
149
Pegawai pabrik Kacang Telur mengemasi barang pasca kebakaran. (fathul)

MALANGVOICE – Salah satu ruang produksi Pabrik Kacang Telor di Jalan Mojorejo, RT-03/RW-11, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, terbakar sekitar pukul 15.30 tadi.

MVoice saat berada di lokasi, tampak pegawai pabrik sedang menyeret beberapa karung berisi pasir bercampur air usai digunakan memadamkan api.

Pabrik Kacang2

“Kalau minyak terbakar, padamnya pakai tanah,” kata salah satu pegawai yang enggan menyebut namanya. Beberapa pegawai maupun pemilik juga enggan memberi informasi.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batu, Santoso Wardoyo, menjelaskan, kebakaran bermula dari wajan ukuran besar untuk penggorengan bocor sehingga minyak goreng menetes ke kompor yang menggunakan gas CNG.

Meskipun gas jenis ini lebih aman dibanding elpiji, namun minyak panas dengan suhu didih membuatnya terbakar. Api langsung menyala dan masuk ke cerobong asap sehingga pegawai kesulitan menjinakkan api.

Saat api bertambah besar, satu unit mobil pemadam kebakaran datang. Setelah bekerja satu jam, api berhasil padam.

“Kami datang langsung melepas sambungan kompornya, cerobong yang masih menyala kami semprot dari bawa dengan tenaga tinggi hingga api mati. Kerugian ditaksir Rp 50 juta,” cerita Santoso.

Setelah petugas memastikan api tidak akan timbul lagi, Santoso mengajak anak buahnya pulang. Tanah bercampur air bekas pemadaman membuat seluruh ruangan kotor karena diseret ke luar pabrik.-