Wajah Kesat Tak Berarti Bersih

0
39
Sensasi kesat pada wajah saat pemakaian sabun cuci muka diakibatkan oleh hilangnya kelembaban wajah. (Ilustrasi/istimewa)

MALANGVOICE – Menjaga wajah tetap bersih adalah cara paling simple, mudah dan efektif untuk menjauhkan wajah dari berbagai gangguan. Ada berbagai pembersih yang beredar di pasaran, mulai dari yang dua langkah, satu langkah, hingga face foam atau sabun pembersih muka.

Pembersih dua langkah, bisa dikatakan cukup efektif mengangkat kotoran maupun sisa kosmetik pada wajah. Praktisi kesehatan dan kecantikan, Dr Nanditya Ika Faramita MMRS, menjelaskan, indikasi wajah telah bersih adalah ketika kapas yang dipakai untuk membersihkan wajah tetap berwarna putih ketika diusapkan pada wajah.

“Setelah dibersihkan, cuci dengan air,” saran dokter berkacamata tersebut.

Ia mengatakan, untuk memilih sabun wajah, sebaiknya menghindari sabun yang meninggalkan sensasi kesat pada wajah. Bagi sebagian perempuan, kesat adalah indikasi bersih, padahal sejatinya sensasi tersebut timbul karena hilangnya kelembapan wajah.

“Pembersih yang benar tidak menimbulkan rasa kesat pada wajah,” ucap Dita, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, selain dibersihkan, wajah juga harus dijauhkan dari stress yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari atau asap kendaraan bermotor yang memicu penuaan dini.

“Beri nutrisi pada wajah, vitamin E. Kemudian istirahatlah dengan cukup agar sel kulit bisa berregenerasi dan lakukan pemijatan pada wajah,” kata dokter yang membuka praktik di jl Aluminium no 9 tersebut.

Pemijatan pada wajah memiliki banyak fungsi, diantaranya memperlancar pembuluh darah, mempercepat regenerasi kulit sehingga memperlambat timbulnya kerut halus pada wajah.