Wajah Bebas dari Jerawat, Hindari 11 Makanan Ini

0
167
Telur pemicu jerawat (Tika)

MALANGVOICE- Wajah berjerawat bukan hanya karena kurang peduli terhadap kebersihan kulit. Jerawat juga dipicu karena makanan yang dikonsumsi.

“Makanan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Setidaknya ada 11 makanan yang harus dihindari jika ingin wajah bebas dari jerawat,” jelas Beauty Consultant yang praktik di kliniknya, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang, dr Syamsul Arif kepada MVoice.

Berikut adalah 11 makanan penyebab jerawat yang dirangkum oleh MVoice, dari dr Sam.

1. Unggas
Jika wajah Anda berjerawat, baiknya hindari mengonsumsi aneka makanan berbahan dasar unggas. Ayam, bebek, puyuh dan entog wajib dihindari. Pasalnya, makanan ini mengandung minyak dan lemak serta protein yang tinggi sehingga mampu memicu munculnya jerawat.

2. Telur
Makanan ini hampir bersifat seperti ayam yang memiliki protein dan lemak tinggi. Jika ingin wajah bersih sebaiknya hindari mengonsumsi si oval nikmat ini.

3. Mi instan
Mi instan mengandung pengawet dan lemak jenuh yang tinggi

4. Keju
Produk olahan susu ini memiliki lemak yang tinggi sehingga mampu menjadi pemicu jerawat. Pasalnya pengolahan dalam keju mampu mengubah indeks glikemik, yang mengubah hormon pada susu.

5. Susu
Biangnya keju ini juga patut dihindari jika ingin wajah kinclong. Apalagi jika bukan kandungan lemak.

6. Coklat
Coklat menjadi salah satu makanan pemicu jerawat karena kandungan gula dalam coklat, bisa merangsang pertumbuhan jerawat.

7. Kacang
Sama dengan ayam dan telur, kacang mengandung lemak dan protein.

8. Kopi
Pemicu jerawat adalah kafein yang terkandung di dalam kopi. Kafein mampu memicu stres dan perubahan hormonal dalam tubuh.

9. Gorengan
Minyak dalam gorengan sebenarnya yang menjadi pemicu jerawat. Namun jika mengonsumsi satu atau dua potong saja menurut Dokter Sam tak masalah. Gorengan yang dilarang adalah yang berbentuk camilan.

10. Pedas
Pedas menjadi salah satu pemicu jerawat. Pasalnya setelah memakan makanan pedas, keringat keluar dan pori-pori melenbar. Kombinasi ini jika digabungkan dengan kotoran yang akan menjadi pemicu jerawat.

11. Ikan laut
Ikan laut memiliki kandungan protein yang tinggi.