Wahyu: Pedagang Pasar Blimbing Sepakati Site Plan

0
32
Kepala Dinas Pasar, Wahyu Setianto

MALANGVOICE – Polemik pembangunan Pasar Blimbing menemui jalan terang. Kepala Dinas Pasar, Wahyu Setiyanto, mengatakan, koordinator pedagang sudah menyepakati site plan yang disusun tim independen, mesk ada hal yang masih mereka tuntut.

“Masih ada sedikit permintaan, seperti menambah lebar jalan dari awalnya 4 meter menjadi 5 meter,” kata Wahyu, beberapa menit lalu.

Permintaan itu sudah disampaikan kepada tim independen dan selanjutnya akan dilakukan untuk perbaikan site plan. “Saya sendiri masih menunggu gambar yang baru, tapi secara umum pedagang sudah sepakat,” ungkapnya.

Terkait pengurangan 96 lapak akibat site plan baru, ia mengaku hal itu harus dilakukan, karena sesuai permintaan pedagang sendiri yang ingin ada perubahan gambar.

Pengurangan lapak, lanjut Wahyu, dilakukan dengan mendata sejumlah pedagang yang selama ini tidak pernah aktif melakukan registrasi ulang dan pengurusan administrasi lainnya.

“Kami sudah ada data beberapa pedagang yang bertahun-tahun tidak memperpanjang ulang tempat jualannya, dan mereka itulah yang akan kami coret,” tuturnya.

Pasca pedagang setuju dengan site plan, Dinas Pasar akan komunikasi dengan legislatif, untuk meninjau ulang Perjanjian Kerjasama (PKS), termasuk pengurangan jumlah pedagang.

“Sambil kita koordinasikan untuk relokasi pedagang ke Stadion Blimbing,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C, Bambang Sumarto, berharap agar permintaan pedagang segera dipenuhi, agar ada kesepakatan baru dengan investor dan Dinas Pasar.

“Persetujuannya harus disaksikan Dewan, dan nanti berbentuk adendum baru, termasuk di dalamya PKS dan site plan yang sudah disepakati,” kata Bambang.