Wah, Pemadaman Api di Pasar Besar Hampir 20 Jam

0
3
Polisi saat mengecek pintu pasar. (deny)

MALANGVOICE – Setelah hampir 20 jam bergelut dengan api, petugas Pemadam Kebakaran (PMK) akhirnya berhasil menetralisir kebakaran yang terjadi di Pasar Besar, Kota Malang.

Pasar2Sebanyak 16 mobil PMK yang diterjunkan berhasil menjinakkan api sekitar pukul 18.00 WIB, kemudian tahap pendinginan baru selesai pukul 21.30 WIB. Petugas PMK pun bergiliran pulang ke markas masing-masing.

Menurut Komandan Regu 4 PMK Kota Malang, Edy S, kondisi lantai dasar paling parah, disusul lantai satu yang didinginkan paling akhir. “Yang di tengah habis mas,” katanya.

Edy menambahkan, selama bekerja menjadi petugas PMK, pemadaman kebakaran pasar hari ini yang paling lama. Hal itu dikarenakan tidak ada sumber air atau hydrant yang berfungsi sehingga harus mencari air di tempat lain.

“Bayangkan saja, satu unit PMK bisa 31 kali ambil air. Tapi itu juga sudah resiko dan untungnya tidak ada korban jiwa,” lanjutnya.

Kini, Edy dan petugas PMK lain yang sudah stand by sejak pukul 04.00 WIB tadi, kembali ke markas, dan bersiap melawan ganasnya api tanpa kenal lelah.

Setelah itu, pihak kepolisian mengambil alih kawasan Pasar Besar untuk dijaga dari pedagang yang masuk. Sebanyak dua pos pengamanan didirikan di barat dan timur pasar, masing-masing dijaga 30 personel.

“Sudah kami kunci semua pintu masuk pasar, untuk menghalau pedagang yang masuk dan mencegah penjarahan. Kami imbau, pada pedagang untuk bersabar.