Wah, Museum Vianney Mengkoleksi 12.672 Spesimen Hewan

0
100
Museum Vianney (anja)

MALANGVOICE – Diam-diam ternyata Malang punya museum Zoologi, berisi ribuan spesimen dan koleksi berbagai jenis hewan yang diawetkan. Adalah Museum Zoologi Fr M Vianney BHK, yang diresmikan pada 2014, berlokasi di Jalan Karang Widoro No 7.

Untuk koleksi, museum ini memiliki 12.672 spesimen, 740 spesies, 360 genus, 170 family, 240 class, dan 5 filum.

Koleksi Cangkang (anja)
Koleksi Cangkang (anja)
Koleksi Ular yang diawetkan
Koleksi Ular yang diawetkan
Koleksi lainnya (anja)
Koleksi lainnya (anja)

Pengunjung bisa menikmati berbagai macam hewan yang diawetkan dari berbagai kelas, seperti Reptilia, Echionodermata (berkulit duri), Coelenterata, Bilvalvia (kerang-kerangan). Menariknya lagi, ada Harimau Sumatera ukuran orang dewasa dalam kondisi sudah diawetkan, serta aneka koleksi cangkang moluska.

Ribuan koleksi itu berasal dari Frater M Clements BHK, selaku direktur museum. Selain itu, ada pula sumbangan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Museum itu ramai dikunjungi, mulai dari siswa TK hingga perguruan tinggi. Sejak awal Januari 2015 sampai saat ini, sudah tercatat 1238 pengunjung.

Kecuali hari Minggu, museum dibuka pada pukul 07.00-14.00. Namun khusus liburan akhir tahun, museum akan tutup sementara, dan dibuka lagi awal Januari.