Wah… Banyak Identitas Bermasalah di Data Kependudukan Batu

0
91
Suasana sosialisasi Dispendukcapil ke pemerintah desa
Suasana sosialisasi Dispendukcapil ke pemerintah desa (fathul)

MALANGVOICE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu terus menyempurnakan data base kependudukan berbasis online. Karena itu, dinas bakal mencocokkan seluruh data penduduk di Kota Apel itu.

Dari sejumlah penyempurnaan, Dispenduk ternyata menemukan banyak data yang tidak cocok dengan kondisi nyata warga Batu. Sehingga pihak dinas harus mengumpulkan kepala desa, guna mendata dari bawah lagi.

“Kami sebenarnya ingin menyosialisasikan kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil dalam Peraturan Mendagri Nomor 8 dan 9 Tahun 2016. Nah ternyata kami temukan banyak persoalan,” ungkap Sekretaris Dispendukcapil, Arsan Abdullah Lumbu, di Block Office, beberapa menit lalu.

Menurut Arsan, banyak didapati data yang tercantum di Dispenduk salah atau sengaja dipalsu. Di beberapa data KTP dan KK, lanjutnya, banyak yang menggunakan nama panggilan dan nama kecil.

“Kita membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk pencocokan ini, karena itu Pemdes perlu aktif menyosialisasikan ini. Kalau nggak segera diselesaikan, akan ada persoalan di masa depan, misalnya kalau membuat paspor untuk keperluan ke luar negeri, atau mengurus hak-hak lainnya,” papar Arsan.