Waduh, Unas Semakin Dekat, Masalah Ini Belum Juga Beres

0
54
Unas di kelas (anja)
Unas di kelas (anja)

MALANGVOICE – Pilihan satu mata pelajaran (mapel) jurusan untuk ujian nasional (Unas) jenjang SMA belum ada petunjuk teknis, padahal pelaksanaan Unas semakin dekat.

Empat mapel Unas yaitu bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Matematika dan satu mapel pilihan sesuai jurusan. Pilihan satu mapel di jurusan termasuk baru dilaksanakan di Unas tahun ini. Dijadwalkan pelaksanaan unas SMA/MA akan diadakan pada 10-13 April 2017.

Ketua MKKS SMAN Kota Malang, Tri Suharno menjelaskan, masih belum jelas siapa yang akan memilihkan mapel jurusan tersebut.

Sejauh ini, lanjut dia, memang belum turun prosedur pelaksanaan operasinya. Siswa SMA selain harus mengikuti Unas, juga menyelesaikan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional).

Untuk USBN, lanjutnya, ada tiga mapel yaitu Pendidikan Agama, PPKN dan Sejarah serta tiga mapel sesuai program studi siswa. Untuk jurusan IPA yaitu Fisika, Kimia dan Biologi.

Sedang jurusan IPS ada Ekonomi, Geografi dan Sosiologi. Sedang jurusan bahasa, tiga mapelnya yaitu Sastra Indonesia, Antropologi dan bahasa asing. Sementara untuk siswa SMK, USBN nya yaitu pendidikan agama, PPKN dan keterampilan komputer.

Untuk mapel Unas SMK meliputi matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan Teori Kejuruan. Sedang pelaksanaan unas SMK pada 3-6 April 2017.