Waduh, Trombus Bisa Berakibat Kematian, Kenali Gejalanya…!

0
429
pembengkakan kaki karena trombus (ist)
pembengkakan kaki karena trombus (ist)

MALANGVOICE – Trombus merupakan gumpalan darah yang terbentuk pada dinding pembuluh darah atau jantung. Hal ini terjadi ketika trombosit, protein, dan sel-sel darah melekat menjadi satu.

Seorang dokter di jalan Arumba, dr Agus Rahman menjelaskan, trombus dapat menyumbat aliran darah sehingga menghalangi oksigen mencapai daerah tersebut.

“Akibatnya yang bisa terlihat adalah penumpukan cairan dan pembengkakan. Parahnya bisa terjadi kerusakan jaringan yang menyebabkan kematian,” katanya.

Dijelaskan, orang obesitas, habis melahirkan, usia di atas 60 tahun, berisiko memiliki trombus. Trombus bisa muncul dimana saja. Di vena kaki, trombus menimbulkan rasa nyeri, kemerahan dan pembengkakan.

Sumbatan juga bisa terjadi di paru-paru. Gejalanya nyeri dada, sesak napas yang muncul mendadak, serta denyut nadi yang menjadi cepat. Selain itu juga dapat ditemukan muntah darah.

“Di pembuluh darah otak, gejalanya hampir mirip stroke. Kepala mendadak berat. Kehilangan kemampuan melihat dan bicara. Bahkan kelumpuhan,” paparnya.

Trombus merupakan kondisi yang sangat berbahaya dan bisa berujung kematian. Untuk itu, jangan pernah menyepelekan rasa sakit yang Anda alami. Jika Anda merasakan beberapa gejala dari trombus yang telah disebutkan di atas, segeralah konsultasikan ke dokter.