Waduh, Kuota Nasional Bidikmisi Turun, di Polinema Malah Naik

0
232
Panitia seleksi mahasiswa baru (anja)

MALANGVOICE – Meski kuota nasional Bidikmisi untuk perguruan tinggi turun karena keterbatasan anggaran, kenyataannya kuota Bidikmisi di Politeknik Negeri Malang (Polinema) untuk tahun ajaran 2016-2017 malah naik 100%.

Humas Polinema, Joko, membenarkan hal itu. Tahun lalu penerima Bidikmisi Polinema hanya 150 orang, tapi tahun ini 300 orang.

“Dan itu selalu mengalami kenaikan setiap tahun pada 6 tahun terakhir,” tandasnya, saat ditemui MVoice, beberapa menit lalu.

Ia juga menjelaskan, hal itu bisa saja terjadi karena memang dari awal kuota Bidikmisi Polinema memang 300. Hanya saja, jumlah peminat yang diterima selalu tidak memenuhi kuota karena tidak memnuhi syarat.

Bahkan, lanjutnya, peminat Bidikmisi di Polinema sebenarnya sangat tinggi yaitu 5.000-6.000 peminat/tahun.

“Di seleksi tahap awal kan dilihat apakah benar-benar tidak mampu. Jadi syaratnya kan harus pintar dan berprestasi. Masing-masing prestasi ada bobotnya. Kita sudah punya rumusnya. Soal validasi data, kita visitasi ke rumah camaba bahkan yang di luar Jawa sekalipun,” paparnya.

Polinema memastikan, karena seleksi yang ketat itulah, sampai detik ini dia tidak pernah menerima laporan ada mahasiswa Bidikmisi Polinema yang dicabut beasiswanya di tengah jalan.