Waduh, Jumlah Penderita DBD Kota Malang Meningkat!

0
71
Kepala Dinkes, Asih Tri Rachmi

MALANGVOICE – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Asih Tri Rachmi, mengatakan, jumlah penderita demam berdarah (DBD) mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.

Berdasar data Dinkes, jumlah penderita penyakit itu sejak awal tahun hingga kini sudah mencapai 300 orang, melampaui jumlah penderita tahun lalu dengan rentang waktu yang sama, dengan penderita 285 orang.

“Jumlah penderita DBD meningkat berbanding dengan jumlah yang meninggal, karena sepanjang tahun lalu hanya 3 orang, sementara pertengahan tahun ini sudah lebih dari itu,” Kata Asih, beberapa menit lalu.

Ia juga menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan langkah untuk menindklanjuti kondisi ini, pasalnya bukan tidak mungkin jumlah penderita akan meningkat hingga akhir tahun.

“Cuaca hujan seperti ini sangat berpotensi menumbuhkan nyamuk pembawa DBD,” tukasnya.

Dinkes juga mengimbau kepada warga agar turut serta dalam aksi mencegah DBD dengan ikut membersihkan lingkungan dari genangan air, agar jentik nyamuk tidak tumbuh.

“Warga sendiri juga harus pro aktif, jika memang dirasa ada yang perlu fogging, maka segera lapor ke kami,” tandasnya.

Sementara Wali Kota Malang, HM Anton, menegaskan, ia sudah menginstruksikan kepada Dinkes segera mengambil langkah agar DBD tidak menjadi wabah atau jadi Kasus Luar Biasa (KLB).

“Memang cuaca hujan ini sangat berpotensi untuk penyebaran penyakit DBD, tapi saya sudah perintahkan Dinkes agar segera ambil tindakan, selain itu warga juga harus turut bersama menjaga kebersihan lingkungannya,” kata Anton.