Waduh, Gemuk Ternyata Bukan Hanya Soal Banyak Makan

0
92
Timbangan Badan, gendut tak cuma soal makan (anja)
Timbangan Badan, gendut tak cuma soal makan (anja)

MALANGVOICE – Pertambahan berat badan tidak selalu berasal dari apa yang Anda makan. Ada banyak faktor-faktor penyebab kegemukan lainnya yang tidak terduga.

Seorang ahli Gizi Klinik di jalan Bromo, Astuti Witjaksono mengatakan, saat stress, tubuh memproduksi hormon kortisol.

“Ini hormon penyebab naiknya nafsu makan. Makanya sering kita temui orang yang cenderung makan banyak ketika dia banyak beban pikiran, stress karena kerja, kuliah dan sebagainya,” paparnya saat ditemui MVoice beberapa menit lalu.

Kurang tidur, menurutnya juga erat dengan kegemukan. Saat kurang tidur terjadi peningkatan kadar hormon yang meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan.

“Biasanya, kalau kurang tidur malah cenderung ngemil tengah malam. Kripik, goreng-gorengan biasanya,” katanya.

Selain itu, ternyata mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan pertambahan berat badan. Seperti antidepresan, obat sakit darah tinggi, dan steroid. Penyakit tertentu juga bisa menyebabkan kegemukan.

Terakhir adalah soal teknologi dan gaya hidup. Dia menandaskan, sejak internet mampir ke tiap sendi kehidupan. Hampir semua orang cenderung berlama-lama duduk di depan layar laptop atau hanya sekedar bermain smartphone.

“Belum lagi kalo sudah diem di depan layar, pakai acara nyemil kripik dan makanan-makanan nggak sehat. Ya gimana mau enggak gemuk,” tandasnya