Waduh, Bawang Merah Makin Mahal!

0
9

MALANGVOICE – Harga bawang merah terus merangkak naik pasca Maulid Nabi dan Natal. Saat ini harga bawang merah berukuran besar berkisar antara Rp 40 ribu per kg, sedangkan yang berukuran kecil Rp 36 ribu per kg.

Nurul Hasana, salah satu penjual di Pasar Besar Malang menuturkan, kenaikan terasa dalam seminggu terakhir. Sebelumnya rempah-rempah tersebut dijual dengan harga Rp 20 ribu per kg. Menurutnya, stok yang menipis membuat harga melambung.

“Sepertinya banyak yang gagal panen karena penghujan sehingga pasokan berkurang,” kata perempuan yang berdagang meneruskan bisnis orangtua ini.

Ia menambahkan, pasokan bawang merah biasanya datang dari Probolinggo dan Batu. Namun kiriman dari Batu cenderung lebih sedikit padahal sudah musim panen.

“Baru saja panen, tapi jumlahnya tak banyak. Kalau pembeli sendiri sebenarnya lebih suka yang dari Probolinggo karena aromanya lebih kuat,” kata dia

Kasi Statistik dan Distribusi BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini membenarkan, harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan di penghujung tahun 2015.

“Permintaan cenderung naik tetapi stok menurun karena musim penghujan. Selain bawang merah, kenaikan juga terjadi pada komoditas cabai,” kata Erny.