Waduh, Angka Bebas Karies Gigi di Indonesia Masih Rendah

0
78
Penyuluhan Gosok gigi dari mahasiswa beberapa waktu lalu (Istimewa)
Penyuluhan Gosok gigi dari mahasiswa beberapa waktu lalu (Istimewa)

MALANGVOICE – Kondisi Indonesia untuk mencapai Indonesia Bebas Karies Gigi masih rendah, jauh sekali dari harapan. Target yang ditetap WHO dan FDI pada tahun 2000 adalah 50% anak usia 5-6 tahun harus bebas dari karies gigi.

Sayangnya, menurut hasil survey PT Unilever Tbk dan Pengurus Besar PDGI dan Ikatan Profesi Kedokteran Gigi Masyarakat Indonesia pada tahun 2015-2016, hanya 25,6% anak usia 6 tahun dab 42,3% anak usia 12 tahun yang bebas dari karies gigi.

“Prevelansi karies gigi pada abn 6 tahyb 74,4% sedang pada usia 12 tahun bergeser menjadi 59,3%. Artinya, ada 73,9% anak usia 6 dan 12 tahun yang memiliki karies gigi tak terawat,” papar drg Melissa Adiatman PhD kepada MVoice.

Penyebab utamanya antara lain kebiasaan menyikat gigi yang kliru, dan tidak kebiasaan mengunjungi dokter gigi secara teratur.

“Terbukti masih banyak anak tidak gosok gigi teratur, dan tidak mengunjungi dokter gigi selama 12 bulan terakhir untuk memperoleh perawatan. Biasanya 75% diantaranya hanyak mengunjungi dokter gigi dalan keadaan gigi yang sudah sakit,” tutupnya.