Usia 65 Tahun, Harjono Senang Jadi Alumni Bela Negara

0
69
Harjono (fathul)
Harjono (fathul)

MALANGVOICE – Warga Kota Batu yang menjadi peserta bela negara ternyata bukan hanya terdiri dari pemuda maupun usia paruh baya. Bahkan, Harjono, warga Jalan Abdul Gani ini menjadi peserta tertua dengan usia 65 tahun.

Dengan materi kedisiplinan yang tinggi, Harjono mengaku tak terkendala sama sekali. Ia bisa baris berbaris sebagaimana pemuda pada umumnya. “Saya tidak kalah dengan generasi yang lebih muda,” kata Harjono kepada MVoice usai menerima sertifikat.

Ia sendiri merasa kegiatan Bela Negara sangat bermanfaat. Khususnya bagi Kota Batu yang banyak pendatang masuk saat musim liburan, warga lokal harus bisa menjaga kekuatan kebersamaan sendiri.

“Banyak hal yang saya dapatkan, misalnya dasar-dasar kedisiplinan serta memahami proxy war juga saya dapat. Ini perlu saya sebarkan ke lingkungan, khususnya ke keluarga dulu,” sambung Harjono.

Selain itu, Harjono juga bersemangat sekali saat materi nasionalisme. Menurutnya, kecintaan kepada tanah air yang saat ini mulai luntur di kalangan pemuda, harus ditumbuhkan kembali.

“Jangan yang tua-tua yang maju, pemuda-pemudanya harus ikut bela negara. Biar mereka tahu bagaimana mempertahankan Indonesia dan mencintainya,” tandas Harjono.