Usia 40 Tahun, Hati-hati Pakai Kosmetik

0
127
Usia 40 tahun butuh perawatan kulit yang berbeda. (2ndstbeauty.com)

MALANGVOICE – Pada usia 40 tahun ke atas, kulit memproduksi lebih sedikit minyak. Artinya, kulit menjadi lebih kering, keras, dan juga kasar.

Menurut Ellen Marmur Md, Profesor Dermatologi dari Mount Sinai Medical Center, kulit kering membutuhkan produk kecantikan yang kaya mosturizer dan produk kosmetik yang bisa menyamarkan keriput.
Ini saran dan produk yang direkomendasikan dermatologist.

1. Buang Scrub
Kulit yang menua menjadi lebih sensitive. Artinya, kulit ini tidak bisa menahan ekfoliasi (pengelupasan). Butuh waktu lama bagi kulit untuk kembali pulih dari pengelupasan. Jika kulit kita butuh produk pencerah, gunakan saja masker wajah, sabun wajah, dan serum yang mengandung bahan kimia sedikit.

2. Buang Toner Beralkohol
Kebanyakan produk toner diperuntukkan bagi kulit berminyak dan berjerawat. Tapi produk seperti ini malah menghilangkan minyak alami kulit menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Semakin berumur, kulit kita semakin kering. Gunakan produk pelembab atau mosturizer. Jika butuh toner, carilah produk toner tidak beralkohol.

3. Pembersih yang Terlalu Berbusa
Membersihkan wajah dengan sabun wajah biasa akan mengurangi elastisitas kulit wajah, dan nutrisi pada kulit. Carilah produk perawatan kulit yang berbentuk krim, balm, atau mengandung susu.

4. Buang Eye-shadow Shimmery
Menggunakan eye-shadow yang shimmery akan mempertegas kerutan pada mata. Sebaiknya, gunakan eye-shadow yang matte atau satin berbentuk krim.

5. Buang Maskara Waterproof
Studi membuktikan, pada usia 40 tahun ke atas, bulu mata akan berkurang dan tumbuh lebih lambat. Maskara waterproof susah dihilangkan dan merontokkan bulu mata yang sudah rapuh. Gunakan saja maskara biasa yang tidak waterproof.

6. Buang Lipstik Gelap
Lipstik ini mungkin bagus dan glamor digunakan para model. Kenyataannya, lipstik warna gelap malah akan mempertegas garis bibir dan bibir yang sudah tidak penuh. Gunakan lipstik warna segar seperti rosy pink atau peach dengan lipgloss.

7. Buang Bedak Matte
Jangan gunakan bedak padat berat yang memberi kesan matte. Gunakan saja bedak tabur yang memberi kesan translucent dan segar.

sumber: prevention.com