Urai Kemacetan, Bappeda Siapkan Jalan Tembus Tlogomas – Karanglo

0
7
Kepala Bappeda Wasti
Kepala Bappeda Wasti

MALANGVOICE – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, kini tengah merencanakan adanya jalan tembus yang menghubungkan kawasan Tlogomas hingga Karanglo.

Kepala Bappeda, Wasto, mengatakan, jalan itu diupayakan sebagai solusi pemecah kemacetan yang berada di kawasan tengah perkotaan. “Kajian pembangunan jalan itu sudah selesai dan berkas sudah kami kirim ke Dinas PU,” kata Wasto, beberapa menit lalu.

Ia menjelaskan jalan baru itu nanti akan dimulai dari Tlogomas dan melewati Jalan Saxophone, Jalan Ikan Tombro, dan akan menyambung hingga ke wilayah Tasikmadu.

Saat ini, kondisi jalan masih berupa jalan lingkungan sehingga lebar jalan amat bervariasi antara empat meter dan enam meter, bahkan, jalan itu juga melewati lahan kosong. “Nanti ada peningkatan jalan, ada juga pembuatan jalan baru. Itu yang sudah direncanakan,” jelasnya.

Kebutuhan jalan baru di kawasan itu, lanjut Wasto, sudah mendesak, apalagi fakta kondisi kepadatan kendaraan tidak bisa dihindari.

Dikatakan pula, dengan adanya jalan baru itu, beberapa wilayah akan terdampak signifikan soal penguraian kemacetannya seperti di Jalan Ahmad Yani, Jalan Borobudur, dan Jalan MT Haryono.

“Bertambahnya kendaraan tiap tahun, perlu diminimalisir dampak kemacetannya. Solusinya adalah membuat jalan baru,” ungkapnya.