Upacara Hardiknas, Sejumlah Peserta Upacara Semaput

0
16
Upacara Hari Pendidikan Nasional di Depan Kantor Balai Kota
Upacara Hari Pendidikan Nasional di Depan Kantor Balai Kota

Upacara Hari Pendidikan Nasional di Depan Kantor Balai KotaMALANGVOICE – Sejumlah peserta upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Balai Kota Malang diketahui pingsan. Kebanyakan dari mereka, tumbang karena tidak kuat menahan panasnya sinar matahari, di samping mereka belum sarapan pagi.

Pantauan MVoice di lokasi, rata-rata yang semaput adalah siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat, meski ada satu anggota BPBD yang tugas juga diketahui gontai.

Upacara Hari Pendidikan Nasional di Depan Kantor Balai KotaMereka langsung di bawa petugas Palang Merah Indonesia (PMI) untuk segera di bawa ke mobil ambulance, guna diberi pertolongan pertama.

Kebanyakan peserta upacara yang semaput langsung diberi snack dan roti agar memiliki tenaga untuk bisa bangun kembali.

Heri Kepala Seksi Pelayanan PMI Kota Malang, Heri, mengatakan siswa pingsan karena terlalu lama berdiri dan kena terik matahari. “Mereka terlalu lama di sini, butuh asupan tenaga sebelum upacara, sehingga tidak ada tenaga untuk berdiri. Harusnya mereka sarapan lebih dulu sebelum upacara,” kata Heri.

Sementara Wali Kota Malang, HM Anton, dalam sambutannya, mengatakan, Pemkot Malang mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen yang memajukan seluruh sendi kehidupan termasuk dunia pendidikan.