Unisma Gembleng Teknis Dasar Pembelajaran pada Dosen Baru

0
198
Pelaksanaan pelatihan Pekerti di Unisma (anja)

MALANGVOICE – Selama 5 hari kedepan mulai tanggal 5-9 Oktober, LP2RP (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan) Universitas Islam Malang (Unisma) bersama Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta) Jawa Timur melaksanakan Pelatihan Ketrampilan Dasar Teknik Intruksional (Pekerti).

Pelatihan yang ditujukan khusus untuk 46 dosen baru dari 22 program studi itu bertujuan untuk memberikan ketrampilan pedagogi, pengetahuan sistem pendidikan, dan pembelajaran di kelas.

Ketua LP2RP, Dr Dyah Werdiningsih Mpd, mengatakan tidak semua dosen mempunyai latar belakang pendidikan. Sehingga Unisma perlu membekali mereka dengan ketrampilan dasar mengajar.

Dyah Wediningsih, Ketua LP2RP Unisma (anja)
Dyah Wediningsih, Ketua LP2RP Unisma (anja)

“Harapannya skill itu bisa mereka praktekkan di kelas mulai dari tahap perencanaan pembelajaran, proses dan standar penilaian di kelas. Kegiatan ini setiap tahun ada,” paparnya.

Aktivitas mereka, lanjutnya, akan terus dimonitoring selama satu semester kedepan. Akan ada instrumen penilaian khusus. Hasil monitoring itu menentukan siapa dosen dengan implementasi terbaik yang selanjutnya diberi penghargaan dari Unisma dan Kopertis.

“Akan kami pilih peserta yang paling aktif, kreatif dengan produk pembelajaran terbaik,” kata Dyah.