UN Online, MKKS SMK Kab Malang Kembangkan Sistem Tryout Online

0
319
Ilustrasi siswa saat melaksanakan ujian
Ilustrasi siswa saat melaksanakan ujian (fathul)

MALANGVOICE – Seluruh sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Malang kini bersiap Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut UN Online.

Minggu-minggu ini, para guru menyiapkan kisi-kisi soal yang dibuat sesuai standar yang digunakan UNBK. Sehingga soal-soal itu bisa digunakan tryout atau percobaan sebelum siswa berhadapan dengan UNBK.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Ir Didik Indratno, mengatakan, bila soal tryout sudah selesai, akan dimasukkan sistem aplikasi tryout online. Saat ini, lanjutnya, tim IT masih proses input soal yang sudah selesai ke dalam sistem aplikasi yang dibangun sendiri oleh tim.

“UNBK secara nasional akan diawali dengan simulasi sistem dan cara pengerjaan melalui tryout online. Akan tetapi simulasi ini terbatas hanya dua kali, karena itu kami membuat sistem sendiri sehingga siswa di Kabupaten Malang bisa tryout berkali-kali,” papar Didik kepada MVoice.

Februari ini, Didik berharap sistem sudah bisa digunakan berlatih siswa. Karena sistem yang dikembangkan MKKS tidak hanya mencatat score nilai, tetapi juga dapat menganalisa kekurangan materinya. Sehingga secara materi soal dapat ditingkatkan, termasuk kemampuan siswa.