UMM Kebut Selesaikan Gedung Pascarjana GKB 4

0
480
GKB 1 (istimewa)
GKB 1 (istimewa)

MALANGVOICE – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upayanya dengan melengkapi sarana dan prasarana seperti gedung perkuliahan.

Wakil Direktur 1 Program Pascasarjana UMM, Dr RD Jatmiko MM, mengatakan UMM sedang memproses pembangunan Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 di UMM Kampus 3 di Jalan Raya Tlogomas no 246. Gedung itu akan menjadi tempat perkuliahan mahasiswa pascasarjana.

“Kalau selama ini untuk mahasiswa S2 dan S3 kan di UMM kampus 1 itu. Menurut rencana, September 2017 nanti mahasiswa pascasarjana bisa menggunakan gedung GKB 4,” katanya beberapa menit lalu.

Saat ini proses pembangunan masih berjalan. Rencananya GKB 4 memiliki 10 lantai. Ruangan perkuliahan di GKB 4 juga sudah melebihi ketentutan minimal dengan fasilitas baik dan lengkap.

“Saat ini bangunan fisik sudah hampir jadi. Masih lantai 9,” tukasnya.

Lebih lanjut, UMM menyiapkan anggaran sekitar Rp 45 miliar untuk bangunan fisik GKB 4, sedang fasilitas dalam, UMM menyiapkan anggaran Rp 50 miliar. Untuk proyek pembangunan, UMM mempercayakan semua urusannya ke sumberdaya internal tanpa jasa pihak ketiga untuk menghemat dana.

“Ternyata mahal isinya daripada bangunan fisiknya,” katanya.

Meski demikian, anggaran tersebut tidak dibebankan di SPP mahasiswa. Jatmiko mengakui, SPP di UMM masih jauh lebih murah daripada kampus lain khususnya untuk program pascasarjana. Unit-unit bisnis UMM terus dikembangkan untuk meringankan beban SPP mahasiswa dan disesuaikan dengan pedoman biaya pendidikan