UMM dan Kyungdong University Jalin Kerjasama Pengembangan Bahasa

0
31

UNIVERSITAS Muhammadiyah Malang (UMM) dan Kyungdong University, Korea Selatan, menggelar partnership meeting. Kedua pihak membahas mengenai kerjasama di bidang pengembangan bahasa. Rektor Kyungdong University, Prof John Lee disambut Kepala Kantor Internasional, Dr Abdul Haris dan Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri, Drs Soeparto MPd, di Ruang Rapat Rektor, kemarin.

Kyungdong University menawarkan UMM untuk menjalin program beasiswa untuk mahasiswa yang ingin belajar Bahasa Korea selama tiga hingga enam bulan. “Kami bersedia menanggung semua biaya perkuliahannya,” kata John Lee.

Setelah mahasiswa fasih berbahasa Korea, lanjut Lee, Kyungdong University membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin memperoleh dua gelar sekaIigus atau joint degree khusus untuk program ekonomi dan bisnis. “Mahasiswa yang telah lancar berbahasa Korea tersebut juga berpeluang disalurkan ke industri-industri yang ada di Korea,” ungkapnya.

Soeparto menambahkan, Kyungdong University juga memberikan kesempatan bagi dosen-dosen UMM yang telah bergelar doktor di bidang ekonomi atau bisnis untuk bisa mengajar di sana. “Mereka akan mendapatkan gaji yang cukup besar, berkisar 1000 dolar,” imbuhnya.

Sementara itu, dari pihak UMM menawarkan sistem credit transfer bagi mahasiswa Kyungdong University yang ingin belajar disini. Sistem credit transfer ini memungkinkan mahasiswa Kyungdong University yang ingin belajar di UMM membayar biaya kuliah sesuai dengan biaya di kampusnya.

Selain credit transfer, kata Soeparto, UMM juga menawarkan program Summer Course bagi mahasiswa Kyungdong University. Program ini adalah program belajar singkat pada bidang keilmuan atau praktis tertentu yang diperuntukan bagi mahasiswa asing seperti belajar Bahasa Indonesia, budaya dan masyarakat di Jawa Timur.

Kedepan, UMM berharap semakin banyak kerjasama yang bisa terjalin antara kedua universitas sehingga bisa dimanfaatkan para civitas akademiknya. “Ke depan kita juga akan menjajaki kerjasama di bidang penelitian,” pungkas Soeparto.

Sebelumnya, di hari yang sama, UMM juga menerima kunjungan dari Majelis Pengetua Daerah Pasir Gudang, Johor Malaysia. Datang Kepala Majlis Pengetua Daerah Pasir Gudang, Tuan Hj Halil Bin Abu Bakar dan Pegawai Pendidikan Pengetua Daerah Pasir Gudang, Tuan Hj Jasrin Bin Omar. Dalam kunjungannya ini, Soeparto menjelaskan, mereka ingin mengetahui sistem penerimaan dan beasiswa mahasiswa asing di UMM.