Umi Farida Tertarik Pengrajin Tenun di Dekranasda Kabupaten Siak

0
104
Umi Farida Tertarik Pengrajin Tenun di Dekranasda Kabupaten Siak
Umi Farida Tertarik Pengrajin Tenun di Dekranasda Kabupaten Siak

MALANGVOICE – Selain mendampingi Wali Kota Malang, H Moch Anton, menghadiri puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia di Siak Sri Indragiri, Ketua TP PKK Kota Malang, Hj Dewi Farida Suryani, juga menyempatkan berkunjung ke Dekranasda Kabupaten Siak.

Pada kunjungannya kali ini, umi Farida, demikian ia akrab disapa, selain membeli beberapa kain dan suvenir kerajinan tangan khas siak, juga melihat bagaimana proses pembuatan kain tenun dan batik khas siak.

“Setiap saya mendampingi abah ke sebuah kabupaten/kota di Indonesia, saya selalu menyempatkan mampir ke Dekranasda setempat, untuk menyerap hal-hal positif di kota itu, mungkin nantinya bisa diterapkan di Kota Malang,” tuturnya.

Di Kabupaten Siak ini, tambah Umi Farida, di kantor Dekranasda-nya, selain tersedia pusat penjualan suvenir dan kerajinan tangan, juga ada pengrajinnya langsung, yang mendemonstrasikan proses pembuatan kain tenun dan batik khas siak.

“Itu yang akan saya adopsi untuk melengkapi PKK Corner di Kota Malang, dengan menambahkan pengrajin yang bisa mendemonstrasikan pembuatan kerajinan tangan, karena itu jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung,”jelasnya lagi.

Umi Farida juga menyampaikan sisi positif lainnya, yakni bisa dijadikan wahana edukasi bagi para pelajar di Kota Malang, khususnya dalam hal pembuatan kerajinan tangan.

“Nantinya, saya berharap siswa-siswi di Kota Malang dapat memanfaatkan fasilitas pengrajin di PKK Corner untuk mengasah kreatifitas mereka,” harap Umi.