Umi Farida: Olahraga Sekolah Perlu Ditingkatkan

0
2
Hj Farida Dewi Suryani

MALANGVOICE – Ketua TP PKKsekaligus Ketua Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, hari ini, menerima secara resmi tim Juri Lomba Klub Olahraga SD Tingkat Nasional th.2016, di klub Olahraga SD “EMBRIO SPORT” Gugus 2 SD inti SDN Madyopuro 5 jln. Ki Ajeng Gribig no.47 Malang

SDN Madyopuro 5 merupakan sekolah inti sekaligus sekretariat Klub Olahraga ” Embrio Sport ” yang merupakan bagian dari Gugus 2 Kedungkandang. Adapun sekolah imbas anggota Embrio Sport ini diantaranya SDN Madyopuro 1, 2, 3, 4, 6, SD Mutiara Hati serta SD Nurul Izzah.

Beberapa cabang olahraga unggulan binaan Embrio Sport yakni catur, bola voli, atletik, karate, tenis meja, renang dan futsal dengan siswa binaan sebanyak 5.000 siswa dan 174 siswa binaan khusus.

Dalam sambutannya, wanita yang kerap di sapa Umik Farida tersebut menyampaikan bahwa kepercayaan yang telah diberikan tim juri kepada Kota Malang, akan menjadi satu motivasi untuk terus senantiasa memantapkan dan meningkatkan peran klub-klub olahraga sekolah dasar di Kota Malang. “Semuanya itu, semata-mata agar dapat mewujudkan prestasi terbaik demi mengharumkan nama Kota Malang” ujar Umik.

Melalui klub olahraga inilah para siswa diberi kesempatan untuk menentukan cabang olahraga pilihannya, yang disesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Selain itu, melalui pembentukan klub olahraga berbasis gugus sekolah dasar diharapkan siswa SD akan termotivasi untuk menggemari olahraga sejak dini sehingga dapat memunculkan bibit-bibit olahragawan yang dapat dikembangkan di masa depan.

“Jika Kota Malang kembali dipercaya untuk menjadi juara satu dan maju pada gelaran tingkat Nasional di Balikpapan pada 11 Oktober 2016 mendatang, kami siap dan berterimakasih atas amanat yang diberikan kepada kami. Kesiapan Kota Malang tidak terlepas dari beberapa prestasi yang telah diraih oleh Kota Malang diantaranya beberapa kali menjadi juara 1 pada gelaran lomba serupa ditahun 2012, 2013, 2014 dan tahun 2015 ” bebernya.

Sementara itu, Ketua tim penilai dari unsur akademisi asal Universitas Negeri Yogyakarta Prof. DR. Tomolius, MS, menjabarkan bahwasannya beberapa komponen yang dijadikan tolak ukur penilaian diantaranya kelengkapan administrasi, perencanaan, implementasi program kerja, proses kerjasama dengan masyarakat, produk yang berupa prestasi yang diraih anak binaan serta evaluasi atas pelaksanaan pembinaan olahraga melalui klub Embrio Sport ini. “Penilaian yang kami lakukan nantinya dapat melalui wawancara secara langsung maupun tidak langsung, analisis dari dokumen dan portofolio serta observasi secara langsung disekolah inti maupun sekolah imbas ” jelas Tomolius

Selain dari unsur akademisi, tim penilai lomba klub olahraga tingkat nasional jenjang SD ini juga terdiri dari unsur Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menutup seremoni pembukaan, tim penilai beserta tamu dan undangan vip menyempatkan ikut senam bersama siswa SD.