Umi Farida: Hapus Stigma Tinju Olah Raga yang Hanya Menonjolkan Kekerasan

0
50
Ketua Pertina Kota Malang, Hj Farida Dewi Suryani
Ketua Pertina Kota Malang, Hj Farida Dewi Suryani

MALANGVOICE – Ketua Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Kota Malang, Hj Farida Dewi Suryani, berharap agar bibit muda di dunia tinju asal Kota Malang bisa dihidupkan kembali.

Ia menegaskan, saat ini Pertina tengah fokus kepada pembibitan petinju muda, salah satunya dengan menggelar tinju antar SMA/SMK se Kota Malang.

“Pembinaan dunia tinju harus ditingkatkan mulai dari siswa sekolah melalui ekstra kurikuler dan sebagainya, guru pembina tinju saya harap tidak hanya bisa teori, tapi juga praktik,” kata Umi Farida usai pertandingan tinju di Jalan Simpang Balapan, malam ini.

Istri Wali Kota HM Anton itu menyambut positif upaya Dinas Pendidikan yang sudah merespon dunia tinju di tingkat SMA/SMK. “Terbukti, peserta pertandingan tinju SMA/SMK tadi siang bagus dan banyak yang berpartisipasi,” tukasnya.

Umi Farida berharap agar olah raga tinju tidak lagi dicap sebagai olah raga yang menonjolkan kekerasan, namun olah raga itu penuh dengan nuansa fair play. “Mari kita hilangkan stigma tinju sebagai olah raga kekerasan, namun olah raga ini penuh nuansa fair play,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Komite Tinju Profesional Indonesia (KTPI) Malang Raya, Ir Ade Herawanto MT, menegaskan, pihakanya sangat mengapresiasi para petinju amatir tingkat SMA/SMK.

Bahkan, Sam Ade, panggilan akrabnya, memberikan bonus sebesar Rp 1 juta bagi petinju yang berhasil menang K.O sebagai upaya membangkitkan semangat mereka.

“Semoga dunia tinju kembali bergairah di Kota Malang,” kata Ade.