UM Peroleh Hibah Rp 85 Juta dari Dikti

0
82
Nabhan Choiron (anja)
Nabhan Choiron (anja)

MALANGVOICE – Universitas Negeri Malang berhasil menjadi salah satu dari 30 perguruan tinggi yang menerima hibah Dikti PKKUI (Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional) tahun ini.

Staff Ahli KUI UM, Nabhan Choiron, mengatakan, kantor KUI menjadi sangat penting karena beberapa tahun terakhir banyak mahasiswa asing datang dan menempuh studi di UM.

Aktivitas akuturasi seperti pengajaran Bahasa Indonesia dan pengenalan budaya, lalu perihal keimigrasian juga bertambah. Sehingga KUI UM merasa perlu meningkatkan SDM staf demi peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa asing.

“Nah, kebetulan di Dikti ada lembaga yang menangani bidang penguatan keorganisasian. Kita ajukan proposal Juni lalu. Dari puluhan PT se-Indonesia yang mengirim, kami terpilih,” kata Nabhan yang juga dosen Sastra Inggris itu, kepada MVoice.

Babhan juga menjelaskan, salah satu yang menjadi pertimbangan Dikti menghibahkan dana senilai Rp 85 Juta  adalah karena program KUI UM yang feasible, artinya mudah dilaksanakan, bermanfaat dan berkelanjutan.

“Kami memberikan workshop pada staf KUI tidak sendiri, tapi bermitra dengan International Office and Partnership Universitas Airlangga Surabaya dan Office of International Affairs. Harapannya, kami bisa memperbaiki kualitas pelayanan UM kepada mahasiswa asing,” tutupnya.