UKS Masuk Pondok Pesantren

0
77
Zubaidah (anja)

MALANGVOICE – Tahun ini program UKS (Unit Kesehatan Masyarakat) masuk ke pondok pesantren. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah.

“Dari hasil rapat koordinasi beberapa waktu lalu, kami membahas program-program UKS. Nah, program andalan yang kita bahas adalah UKS di pondok pesantren. Ini kami dukung dan sudah kami APBD kan” kata dia kepada MVoice.

Menurutnya, UKS sangat perlu diadakan di pondok pesantren, agar muncul kesan modern, nyaman, asri dan tumbuh rasa peduli lingkungan.

“Misalnya perihal kebersihan kamar mandi. Anak-anak diharapkan punya jadwal piket membersihkan kamar mandi. Kamar mandi yang terlalu besar sehingga susah dibersihkan akan direnovasi biar nyaman buat anak-anak,” tambahnya.

Untuk urusan pondok pesantren mana yang akan ditargetkan mempunya UKS, itu adalah urusan Kemenag.

Ia menambahkan, program UKS diawasi tim pembina yang terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini pemerintah daerah.

“Keempat Kementerian itu mempunyai tugas dan tanggung jawab pada pembinaan dan pengembangan UKS di pondok pesantren nanti,” tutupnya.