UB Maksimal Siapkan Pelaksanaan Tes Kemendes 2016

0
21
Pelaksanaan Ujian (anja)
Pelaksanaan Ujian (anja)

MALANGVOICE – Sebanyak 8.895 peserta dari seluruh Jawa Timur akan mengikuti tes tulis sebagai tenaga pendamping profesional Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmirgasi (Kemendes) 2016 di 15 lokasi Universitas Brawijaya (UB).

Wakil rektor 1 bidang akademik Prof Dr Ir Kusmartini mengatakan UB sudah melakukan persiapan secara maksimal dalam menyedialan ruangan untuk tempat tes. Peserta yang lolos tes tulis harus megikuti tes psikotes.

“Tanggal pelaksanaan psikotes dari kementrian sendiri yang menentukan. Tapi rencananya masih menggunakan gedung UB,” katanya kepada MVoice pagi ini.

Terpisah, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan (Dirjen PPMD), Prof Erani, mengatakan kegiatan merupakan kedua kalinya diselenggarakan oleh Kemendes. Namun, keterlibatan perguruan tinggi merupakan yang pertama kalinya.

“Kami sengaja libatkan PTN dalam proses ini karena kami menganggap perguruan tinggi mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang tinggi dalam pemberdayaan masyarakat,” katanya beberapa menit lalu kepada MVoice di depan Gedung Widyaloka UB.

Melalui program tersebut, Kemendes berharap bisa menghasilkan pendamping desa yang dapat memberikan akselerasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.