Tunggu Proses Hukum, TKW Meninggal di Cina Belum Dipulangkan

0
49
Pj Bupati Malang (fathul)

MALANGVOICE – Sudah hampir satu bulan, tapi jenazah tenaga kerja wanita asal Desa Mulyosari, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Eka Suryani (23) yang meninggal di Cina, belum dapat dipulangkan.

Penjabat Bupati Malang, Hadi Prasetyo, mengatakan, pihaknya masih terus mengejar kabar berita di sana. Informasinya, meninggalnya Eka masih diselidiki oleh kepolisian negara setempat sehingga belum bisa dipulangkan.

“Dinas Tenaga Kerja sudah saya minta memantau terus, mereka sudah mengontak di sana. Jadi proses hukumnya masih berlangsung. Sampai kapan? Itu yang akan kami pastikan,” paparnya kepada MVoice.

Hadi menegaskan, apapun yang terjadi, jenazah Eka akan dipulangkan. Karena sebagai warga negara yang bekerja ke luar negeri dengan resmi, Eka sudah dijamin negara. Karenanya, negara juga akan bertanggungjawab memulangkannya.

“Sudah saya perintahkan Disnaker untuk cepat diurus agar pulang. Kalau belum diijinkan atau susah, nanti akan kita jemput. Jadi persoalannya hanya karena masih proses hukum. Kalau orang Indonesia, meninggal di sini, ya biasa saja. Tapi kalau meninggal di luar negeri, itu kepolisian akan menyelidikinya dulu,” paparnya panjang lebar.

Pemkab Malang sendiri sudah menjalin komunikasi dengan suami korban agar tidak khawatir. Terkait kronologis dan cerita Eka, lanjut Hadi, juga sudah didengarnya.