Tulusrejo, dari Gersang Menuju Kelurahan Terbaik Se-Indonesia

0
142
Suasana di tulusrejo (anja)

MALANGVOICE – Warga kelurahan Tulusrejo harus berbangga hati. Pasalnya, kelurahan ini menjadi andalan Kota Malang dalam Lomba Lingkungan Sehat Tingkat Jawa Timur 2016.

Kerja bakti

Perjalanan kelurahan Tulusrejo menjadi kelurahan berprestasi dimulai pada 2013, saat RW 3 diikutkan lomba Kampung Bersinar Kota Malang.

Kerja bakti2

“Kampung kami dulu gersang mbak. Meski waktu itu terkendala dana dan kurang mendapat sosialisasi, dengan dana iuran warga, sedikit demi sedikit membentuk jalan-jalan poros dengan tanaman bunga. Dari sini kami berhasil mendapat juara harapan 1, karena motivasi dan semangat warga waktu itu cukup tinggi,” kata Ketua RW 3 Kelurahan Tulus Rejo, Mohammad Asrad, beberapa menit lalu.

Kerja bakti4

Pada 2014, warga memanfaatkan dana hasil lomba untuk melengkapi sarana dan prasarana yang kurang. Warga mulai memanfaatkan tanaman organik di lahan kosong, budidaya cacing, teknologi ipal, membuat bank sampah, daur ulang sampah, dan sebagainya. Akhirnya RW 3 mendapatkan Juara 2.

Ia menambahkan, pemerintah sangat mendukung kelurahan dengan membantu perbaikan jalan, penyediaan dekomposer, dan pendampingan program-program tertentu.

Menurut Asrad, menjaga kebersihan bukanlah soal menang dan kalah, yang lebih penting adalah menanamkan kebiasaan, menciptakan budaya bersih dan sehat.

“Ini bukan soal menang lagi, tapi sudah menjadi kebiasaan warga di sini untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Harapannya, semoga kelurahan bisa menginspirasi kampung-kampung lain berbuat hal yang sama,” kata Asrad.