Tukar Uang Lebaran, Sehari BI Gelontor Rp 5 Miliar di Batu

0
226
Warga saat menukarkan uang di Balai Kota Among Tani (fathul)

MALANGVOICE – Bank Indonesia mulai menerima penukaran uang di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Tak tanggung-tanggung, setiap hari akan disediakan uang fresh sebanyak Rp 5 miliar untuk lima bank.

Sejak pagi tadi, hanya ada empat mobil bank yang menyediakan jasa penukaran uang baru. Yaitu Bank Indonesia, Bank Jatim, CIMB Niaga, dan Bank Syariah Mandiri, sementara satu bank lagi tidak muncul. Masing-masing bank ini menyediakan Rp 1 miliar.

“Kan marak isu uang palsu kalau musim tukar uang seperti sekarang ini. Makanya BI kerjasama dengan Pemkot menyediakan uang untuk penukaran, dijamin tidak uang palsu karena langsung dari banknya,” papar Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, kepada wartawan.

Pelayanan penukaran uang akan dilaksanakan sejak tanggal 20 Juni hari ini sampai tanggal 25 mendatang. Adapun pecahan yang disediakan mulai lembar Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, hingga Rp 20 ribu.

“Yang yang disediakan banyak jadi tidak perlu khawatir uang akan habis. Berapapun akan di layani namun tetap harus antri karena peminatnya banyak,” sambung Punjul.

Kedatangan empat mobil bank penukaran uang di Balai Kota Among Tani memang diserbu banyak peminat. Bukan hanya warga sekitar yang datang, namun ribuan PNS Pemkot Batu juga ikut antri menukar uang.

Salah satu warga Ngaglik, Suhartini, mengaku menukarkan uang untuk keperluan lebaran. “Sudah menjadi tradisi kan kalau lebaran ngasih uang ke sanak saudara, jadi biar uang yang dikasih tidak lecek, tukar di sini,” tandas Suhartini.