Tukar Uang Baru Bisa Dilakukan di Pasar Murah Ramadan

0
97
Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Malang, Rinawati

MALANGVOICE – Bank Indonesia Malang menyiapkan layanan penukaran uang baru pada saat gelar Pasar Murah Ramadan, di Stadion Gajayana, Rabu (15/6) mendatang, yang diselenggarakan Bagian Perekonomian dan Usaha Daerah Kota Malang.

Di pasar murah itu akan disediakan 4 unit mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) yang akan melayani masyarakat dalam bentuk penukaran uang baru dengan nominal Rp 2000, Rp 5000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 per bendel nya.

Kas pelayanan akan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Masing-masing unit kas keliling akan menyediakan dana hingga Rp 1 miliar per harinya.

“Dengan total ketersediaan uang baru yang mencapai Rp 12 miliar itu, kami berharap kebutuhan masyarakat terpenuhi, dan masyarakat akan lebih mudah jika ingin menukarkan uang baru” kata Rinawati.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia (BI) Malang, Dudi Herawadi, mengatakan, kebutuhan uang baru jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri di wilayah kerjanya, yakni Malang Raya, Pasuruan dan Probolinggo, sebesar Rp 3,4 triliun.

Jumlah itu meningkat sekitar 10 persen dari tahun dengan jumlah kebutuhan uang baru Rp 3,2 miliar pada momen ini. Dudi juga mengatakan, kebutuhan uang pecahan kecil dari Rp 1.000 sampai Rp 20 ribu masih diminati warga pada bulan Ramadan ini.

“Tahun ini ada kenaikan sebesar 10 persen untuk kebutuhan uang baru,” kata Dudi.

Ia menjelaskan, dalam penyebaran uang baru, nanti akan didistribusikan melalui bank yang sudah membuka layanan resmi di kantor cabang.

“Selain itu kami juga ada mobil keliling yang siap untuk menukar uang baru,” tandasnya.