Tujuh Bangunan Bakal Tergusur Pembangunan Jalan Tembus Batu-Pasuruan

0
42
Tim sidak saat melihat bangunan madrasah yang bakal kena gusur pembangunan jalan tembus (fathul)

MALANGVOICE – Pembangunan jalan tembus Giripurno Batu – Purwosari Pasuruan bakal menggusur 7 bangunan yang ada di wilayah Kota Batu. 7 bangunan ini sebagian besar adalah rumah pribadi dan satunya adalah kompleks madrasah.

Kepala Dinas PU, Arif AS, mengatakan, pihaknya sudah berdiskusi dengan DPRD. Terkait rumah yang masuk penggusuran, akan dibicarakan mulai Agustus tahun ini sehingga ada pemahaman antara pemerintah dengan masyarakat.

“Akan ada ganti untung, jadi saling menguntungkan. Tapi pembicaraan belum ada. Intinya jangan sampai ada yang merasa dirugikan. Madrasah di sana juga akan kita bangunkan pagarnya, jadi nggak hanya kita kasih ganti saja,” ungkap Arif.

Selain itu, ia melihat ada beberapa hal yang perlu disiapkan, termasuk penerangan jalan umum dan drainase. Apalagi ada beberapa daerah rawan, serta sedikitnya ada 8 titik tanah gamping yang juga rawan longsor.

“Di wilayah ini nanti ada banyak pengondisian rawan longsor karena melewati perbukitan. Di kanan kiri jalan yang hendak dibangun ada juga tebing sehingga kami akan lakukan pengondisian itu,” ungkap Arif kepada MVoice.

Jalan yang ada saat ini memiliki lebar 2,5 meter dan akan di lebarkan hingga 12 meter plus 2 meter untuk drainase. Karena drainasenya akan dibuat sistem yang baik melihat intensitas air yang masuk ke sana.

“Sekarang ada sistem bagaimana drainase dibentuk agar tidak kelebihan air. Seperti di Jalan Diponegoro, itu gak sampai 5 menit air sudah habis. Nanti juga akan 3 ada sudetan, semacam crossing untuk mengurangi derasnya air, ” tandas Arif.