Tugu Mid Autumn, Special Mooncake dari Hotel Tugu

0
470

MALANGVOICE – Hotel yang satu ini selalu piawai membaca momentum. Kali ini ada beberapa legenda dan mitos di balik perayaan kue bulan, yang dimulai sejak 2170 SM. Itu menjadi tema September di Und Corner Hotel tugu Kota Malang.

Masih seputar kue bulan, yang paling terkenal adalah kisah sang pemanah, Huo Yi, yang berhasil memanah 8 matahari di langit, hingga menyisakan satu saja. Banyaknya matahari itu membuat bumi sangat panas, sehingga orang-orang menderita, karena kekeringan dan kelaparan.

Sumber-sumber air mengering, tanaman rusak. Atas keberhasilan Huo Yi, raja pun menghadiahi pil panjang umur. Namun kekasih Huo Yi, Chang Er, menelan pil itu, sehingga mendapat kehidupan abadi di bulan, sebagai Dewi Bulan.

Huo Yi menyesali kejadian itu, namun tak bisa mengubah keadaan. Untuk mengobati kerinduan, setiap tanggal 15 bulan ke-8, ia duduk minum teh dan menikmati kue, sambil menunggu Chang Er menampakkan diri ketika bulan purnama.

mooncake-Versi lainnya adalah penghormatan kaum petani kepada Dewi Bulan pada tanggal itu, karena panen yang berlimpah. Para petani lalu membuat dan mempersembahkan sejenis kue berisi bulatan kuning telur utuh yang menjadi simbol bulan purnama sebagai rasa syukur kepada Dewi Bulan.

Itulah beberapa kisah kue bulan, kue manis bundar berukir tulisan China itu. Mooncake lazim dibuat untuk memeriahkan pesta atau sekadar berkumpul bersama keluarga sambil meneguk teh China yang pahit. Mooncake juga kerap dihadirkan dalam perayaan rutin tahunan sebagai penanda akhir musim panen.

Kali ini, Und Corner Hotel Tugu Malang menyediakan Special Mooncake itu, tepatnya pada 1 – 30 September, sebagai hantaran untuk kolega dan kerabat sambil diiringi harapan yang baik. Untuk pemesanan bisa menghubungi Meme; 0341-363891/366951 / 083848569034.