Tri Naros, Sulap Limbah Plastik Jadi Tas dan Dompet Cantik

0
152
Naros menunjukkan hasil kreasinya
Naros menunjukkan hasil kreasinya

MALANGVOICE – Banyak cara untuk mengurangi sampah atau limbah plastik. Limbah plastik butuh ratusan tahun untuk bisa terurai di dalam tanah.

limbah2Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof Hamka Jakarta, Tri Naros Citra Rukmana, memiliki ide untuk menyulap sampah plastik menjadi barang yang berguna. Mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi ini membuat aneka bentuk tas dan tompet dari limbah sampah.

“Saya terinspirasi dari banyaknya sampah plastik yang tersebar dimana-mana. Lagipula proses penguraian sampah plastik juga lama. Makanya saya kreasikan saja,” kata perempuan berpipi chubby ini kepada MVoice.

Naros membuat kreasinya sejak 2014 dan baru memasarkannya tahun 2015 melalui sosial media. Meski belum memiliki online shop, Naros jarang absen di kegiatan expo-expo wirausaha di kotanya, Jakarta.

Soal bahan baku, Naros hampir tak pernah mengalami kesulitan mencari. Dia mengaku mendapatkan stock bahan baku dari tetangganya yang membuka bisnis laundry, dan tetangga lainnya di sekitar rumahnya yang berjualan pop ice.

“Bungkus plastik softener, deterjen, lalu kemasan plastik minuman bisa saya pakai untuk bahan baku,” tukasnya.

Hanya saja, Naros mengaku kekurangan tenaga karena masih mengerjakannya semuanya secara manual dan sendirian. Sesekali Naros dibantu orangtuanya.

“Ya meski omzet masih lumayan, saya tetap optimis. Harapannya nanti bisa memperkejakan orang lain jadi menambah penghasilan dan peluang kerja juga,” tutup perempuan kelahiran Bekasi ini