Travelers, Waspadai 30 Negara Bahaya Virus Zika

0
36
Ilustrasi virus Zika yang menyerang puluhan negara (istimewa)

MALANGVOICE – Kementerian Kesehatan mengunggah travel advisory terkait menyebarnya virus Zika dari beberapa negara. Meskipun di Indonesia belum ada indikasi, namun masyarakat tetap diminta waspada.

Beberapa negara yang mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Zika yaitu Brazil, Cape Verde, Colombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname.

Sedangkan negara-negara yang memiliki status transmisi aktif, yaitu : Barbados, Bolivia, Curacao, The Dominican Republic, Ecuador, Fiji, French Guiana, Guadalope, Guatemala, Guyana, Haiti, Meksiko, New Caledonia, Nicaragua, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Samoa, Tonga, Thailand, US Virgin Islands, dan Venezuela.

Dalam travel advisory tersebut, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, berpesan kepada warga yang hendak berkunjung negara yang sedang terjadi KLB virus Zika, dianjurkan menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.

Caranya dengan memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles anti nyamuk, dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa anti nyamuk. Dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami sakit.

“Wanita hamil dianjurkan sebaiknya tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus Zika. Jika terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, hendaknya melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat,” ujar Menkes dalam rilisnya.