Travel Agent Tiga Negara Kagumi Dua Museum di Batu

1
107
Agen Travel dari Cina, India, dan Taiwan saat menerima penjelasan dari tour guide Museum Angkut (fathul)

MALANGVOICE – Museum Angkut dan Museum Tubuh, Kota Batu, menjadi magnet luar biasa bagi 19 agen travel dan tour operator dari tiga negara yang dibawa Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, malam ini.

Orang-orang dari Cina, India, dan Taiwan ini keasyikan mengagumi berbagai macam koleksi kendaraan di Museum Angkut. Tak lupa, beberapa kendaraan antik ini dijadikan sebagai objek foto sendiri maupun bersama-sama.

Managing Director Taj Travels and Holidays Kerala-India, Rashid Mundeth, kagum dengan koleksi kendaraan milik Museum Angkut karena sebagian besar keluaran tahun 1900-an namun masih ada.

Ia tidak menyangka bisa menemuinya di sini karena selama ini ia pikir kendaraan model itu hanya ada di Hollywood. “Saya sangat bahagia bisa menyentuhnya di sini, ini pengalaman yang bagus,” kata Rashid kepada MVoice.

Hal yang sama juga ia rasakan saat masuk Museum Tubuh. Ia melihat benda-benda menyerupai organ tubuh di museum ini sangat riil. Rashid menjadi tahu dan faham bagaimana susunan tubuh manusia beserta fungsinya.

“Di India tidak ada, selama ini saya membawa wisatawan kami ke Bali. Dan kini saya bisa membawa ke sini juga, bukan sekadar wisata, tapi ada nuansa sejarahnya juga,” tandas Rashid.

Hal yang sama dikatakan General Manager Relaxing Holiday International Travel Beijing-Cina, Sun Tao. Menurutnya, kendaraan yang dikoleksi museum angkut sangat luar biasa. Banyak kendaraan yang sudah tidak diproduksi tapi bisa ditemui di sana.

“Interesting, sangat menarik. Baik Museum Tubuh maupun Museum Angkut bagus. Kita bisa ambil foto banyak dengan kendaraan-kendaraan antik yang tidak bisa kita temui di negara kami,” tutur pria asal Cina ini.

Ia memberi saran, bila ingin menggaet wisatawan dari daratan Cina, kedua museum ini harus memiliki penerjemah mumpuni dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Cina. Karena tanpa penjelasan memadai, wisatawan tidak akan mengerti sebenarnya.

Sementara itu, General Manager Taiwan Learning Trip LTD, Tammy Chien, menyebutkan kedua museum ini sangat bagus untuk media pembelajaran. Anak-anak dan siswa sekolah sangat cocok di ajak ke sana.

“Wahananya sangat bagus, di Museum Tubuh tadi kita bisa mengetahui simulasi kerja organ tubuh sehingga sangat nyata. Sementara di Museum Angkut, kendaraannya juga sangat menarik. Sayangnya waktu kami terbatas,” kata Tammy.

Karena koleksi Museum Angkut banyak yang antik, ia nanti akan mengajak wisatawan muda dari Taiwan ke sini sesuai dengan hobinya. Tidak akan rugi melewatkan wisata di kedua museum di ini.