Toto Tewel Masih Perkasa…

0
91

MALANGVOICE-God Bless Café 2 terus berkomitmen menampilkan musisi dan music berkualitas. Minggu malam kemarin, giliran Toto Tewel yang nama facebooknya Otot Lewet tampil di God Bless Cafe bersama rekan lamanya Doddy Katamsi Full II.

Mereka manggung bersama Rocky Antono (bass, anak Ian Antono), RockMad Dyan (drum) dan Herlambang Gunawan (keyboard), membawakan lagu-lagu dari Led Zeppelin dan lain-lain. Secara spontan, Dullah, vokalis pertama Elpamas, group yang didirikan Tewel dkk di Pandaan, ikut tampil ke panggung.

Panggung God Bless Cafe2 pun berdegub. Toto Tewel yang lahir di Malang, 1 Januari 1958, itu sebenarnya memiliki nama asli Emmanuel Herry Hertoto. Tahun 1973, saat masih duduk di SMPN V, Tewel bergabung dengan band The Greatest.

Selanjutnya sempat bergabung di Q-Red (bersama Luki dan Rudi Subekti), Ogle Eyes (bersama Mickey dan Lexy) sebelum mengibarkan bendera Elpamas di Pandaan.

Tewel juga produktif menata musik mengisi album rekaman sejumlah artis seperti Anto Baret, Mel Shandy, Bangkit Sanjaya, Ikang Fawzi, Anggun C Sasmi, Yossie Lucky, Franky Sahilatua, Setiawan Djody dan juga Iwan Fals. Selain gabung di Elpamas, gitaris ini juga memperkuat kelompok musik Swami, Dalbo, Sirkus Barock, Kantanta Takwa hingga Kantata Barock.

Kepiawaian Tewel bermain gitar menumbuhkan kepercayaan dari Iwan Fals, sehingga Tewel selalu diminta mengiringi konser Iwan Fals bersama Eddy Darome, pemain keyboard yang juga putera bumi Arema.

Menyinggung soal Iwan Fals, sudah cukup lama dia tidak tampil di Malang. Barangkali memang belum ada promotor yang mengundang. Siapa yang mesti kami hubungi kalau ingin mengundang Iwan Fals? Tiba-tiba Tewel merespon. “Nanti saya kirim no telpon managemen Iwan Fals,” begitu kata Tewel.