Top… Film Karya Mahasiswa Malang Ini Wakili Indonesia di Kompetisi Film Dunia

0
18
Poster film (instagram Rendra)
Poster film (instagram Rendra)
Rendra saat ditemui MVoice (anja)
Rendra saat ditemui MVoice (anja)

MALANGVOICE – Kota Malang harus bangga. Sejumlah mahasiswa asal Malang berhasil meraih juara kompetisi tingkat nasional membuat film pendek berdurasi 5 menit, The 5-Min Video Challenge dari Telkomsel.

Hebatnya, film berjudul Rotasi ini kini mewakili Indonesia di ajang kompetisi film pendek Internasional melawan Singapura, Filipina, Thailand, Australia, dan Tanzania.

ROTASI merupakan film pendek yang menceritakan seorang fotografer muda yang merasa rotasi ‘bumi’ atau kehidupannya berhenti dan tak ‘berputar’ karena dia kurang menjalin komunikasi yang bagus dengan orang-orang terdekatnya. Keangkuhannya membuat dirinya menjadi jauh dari dari sahabat, pacar, bahkan ibu.

Film Rotasi di lokasi Bromo (Ig Rendra)
Film Rotasi di lokasi Bromo (Ig Rendra)

“Film Rotasi memiliki pesan moral bahwa setiap manusia memiliki sudut pandang berbeda untuk memecahkan masalah dan manusia memiliki kendali dan pilihan atas kehidupannya,” kata Rendra saat ditemui MVoice di kampusnya, Universitas Negeri Malang.

Film yang mengambil setting di Bromo dan beberapa cafe di Malang ini dibuat oleh tangan-tangan dan pemikiran kreatif beberapa mahasiswa diantaranya Destian Rendra (DKV UM), Rifky Bima (DKV UM), Eny (psikologi UM), Deny Polinema), Vicky Martin ( UMM), Premi Bima Kurniawan (UB), Ara Qodriyani (UB), Ekki Darmawan (UB), Wildan Aji (UB), Meuthia Firdausi (UB). Semuanya dipertemukan karena kesamaan hobi dan minat dan bergabung menjadi kru Hisstory.

Kru Hisstory berkumpul (istimewa)
Kru Hisstory berkumpul (istimewa)

“Meski terkendala oleh terbatasnya waktu dan kadwal kami yang memang sudah padat. Tapi film ini akhirnya bisa selesai tepat waktu. Kami hanya punya waktu 10 hari pembuatan,” tambahnya.

Film Rotasi sebelumnya telah diseleksi oleh The 5-Min Video Challenge Telkomsel dari 250 tim se-Indonesia pada bulan Oktober lalu. Kemudian saat ini sedang dalam proses penjurian untuk tingkat The 5-Min Video Challenge tingkat internasional.

Proses pembuatan film (IG Rendra)
Proses pembuatan film (IG Rendra)

Penilaian berasal dari 70% nilai juri dan 30% hasil voting online melalui website. Pemenang akan berkesempatan mendapat kontrak membuat iklan untuk provider Singtel. Sampai detik ini hasil voting film Rotasi sudah mencapai angka 1000, terbanyak dari jumlah vote peserta lain.

Dukung Rotasi untuk mewakili Indonesia memanangkan kompetisi The 5-Min Video Challenge di www.the5minvideo.com.