Tomie: Pembangunan Desa Tak Melulu Fisik

0
36
Kepala Dinas Pertanian

MALANGVOICE – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, berharap Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musernbangdes) yang mulai dilakukan Januari ini dilakukan dengan serius.

Yang dimaksud Tomie, biasanya rencana pembangunan banyak yang difokuskan pada hal-hal fisik, seperti pembangunan jalan rusak dan pembangunan gedung desa, padahal ada elemen pembangunan lainnya yang perlu diperhatikan.

“Dalam pengelolaan dana yang diberikan ke desa, seperti Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, harus dipikirkan matang. Seperti pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan dasar masyarakat,” ungkap Kadinas Pertanian.

Hal yang penting lagi adalah pembangunan pertanian yang menjadi basis 75 persen warga Kabupaten Malang. Setiap desa harus memikirkan pembangunan pertanian secara luas, baik tanaman pokok seperti padi dan jagung, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

“Bila perencanaan ini bagus, maka jaminan pembangunan akan bagus. Karena menurut teorinya, sebuah rencana menunjang keberhasilan pelaksanaannya hingga 75 persen,” tandasnya.