Tips Merawat Lensa Kontak

0
13
Pemakai lensa kontak. (blog.evoucher.co.id)

MALANGVOICE – Ketika lensa kontak menjadi keharusan untuk tampil cantik dan gaya, sebaiknya ketahui juga cara merawatnya agar tidak menjadi sarang bakteri.

Sudah banyak kasus pengguna lensa kontak mengalami kebutaan karena tidak mengikuti cara pakai dan merawat dengan baik. Berikut caranya:

1. Sebelum mengambil lensa kontak, cuci tangan dulu dengan sabun non-kosmetik yang ringan. Jangan gunakan sabun dengan wewangian, sabun badan, atau sabun dengan pelembab, karena sabun jenis tersebut meninggalkan residu pada tangan.

2. Keringkan tangan dengan handuk bersih.

3. Jika kita sering memakai lensa kontak, sebaiknya jangan memanjangkan kuku jari karena kuku bisa menggores lensa kontak.

4. Lepas lensa kontak sebelum membersihkan make up wajah.

5. Setiap produk lensa kontak punya ciri khas masing-masing. Gunakan pembersih khusus dari toko optik atau dokter mata yang sudah terjamin keasliannya.

6. Jangan pernah bilas lensa dengan air kran. Jangan pernah taruh kontak lensa ke dalam mulut untuk ‘membersihkan’ nya. Karena bakteri bisa saja hidup bahkan di air yang sudah di destilasi. Ini menjadi penyebab infeksi.

7. Bersihkan lensa setiap habis digunakan dan sebelum digunakan. Ganti wadah penyimpanan tiap 3 bulan sekali.

Repot juga ternyata. Karena itu jika tidak terlalu perlu dan tidak disarankan dokter, sebaiknya tidak perlu memakai lensa kontak.

sumber: webMD.com