Tingkatkan Wawasan Internasional, Unmer Kirim Mahasiswa Kuliah ke Malaysia

0
92
Mahasiswa dan jajaran dosen Unmer (ist)

MALANGVOICE – Universitas Merdeka (Unmer) Malang terus berupaya menanamkan wawasan internasional ke mahasiswanya. Seperti hari ini, Unmer mengirimkan mahasiswa untuk program pertukaran pelajar selama satu semester ke Universiti Teknologi Mara, Malaysia. Peserta pertukaran pelajar itu terdiri dari mahasiswa akuntansi dan delapan mahasiswa manajemen.

Wakil Rektor 1 Unmer, Prof Ir H Respati Wikantiyoso MSA PHd, mengatakan, pertukaran pelajar merupakan salah satu program dari ICP (International Classroom Program). Program ini memang mengharuskan mahasiswa untuk mengikuti pertukaran pelajar keluar negeri.

Persiapan, briefing keberangkatan (anja)
Persiapan, briefing keberangkatan (anja)
Mahasiswa pertukaran sudah melalui serangkaian seleksi. Seleksi diselenggarakan sebelum mahasiswa masuk ke program ICP. Persyaratan dasar adalah mahasiswa harus memiliki nilai TOEFL 500 minimal.

“Ini hak mereka untuk ikut program pertukaran. Tapi kalau tidak mau ikut ya tidak apa-apa,” katanya.

Nantinya, di Malaysia, mahasiswa akan ditempatkan di asrama. Soal biaya, ditanggung sendiri oleh mahasiswa bersangkutan.

Respati menambahkan, selain pengalaman internasional, mahasiswa diharapkan menambah wawasan global secara akademik dan non-akademik. Urusan akademik telah diatur sedemikian rupa sehingga nilai hasil perkuliahan di Malaysia bisa ditransfer di Unmer.

“Sistemnya konversi nilai atau transfer kredit. Jadi ada mata kuliah yang disetarakan,” katanya lagi.

Selanjutnya, Unmer mempersiapkan bentuk kerja sama pertukaran lain untuk mahasiswa asing yang ingin datang ke Unmer. Tiga kampus di Thailand sudah bekerja sama dengan Unmer.