Tim Omka Juga Temukan Mamin dan Kosmetik Kedaluarsa

0
18
Kondisi salah satu supermarket yang diperiksa oleh Tim Omka (fathul)

MALANGVOICE – Kabid Perdagangan, Diskoperindagsar, Kabupaten Malang, Hasan Tuasikal, mendapati, masih banyak pedagang tidak mengetahui kondisi barang jualannya, sehingga membahayakan konsumen.

Pada beberapa supermarket/swalayan di Kecamatan Dampit dan Gondanglegi, timnya menemukan banyak kosmetik dan makanan minuman (mamin) yang sudah kedaluarsa, tapi tetap terpajang di rak jual.

“Di Dampit tadi kami amankan tiga kardus besar kosmetik yang kebanyakan kedaluarsa, tapi yang menyita pihak kepolisian, bukan kami. Kami hanya melakukan pemeriksaan,” ungkap Hasan kepada MVoice.

Di Kecamatan Dampit, kurang lebih ia menemukan 20-30 items barang yang harus ditarik karena kedaluarsa. Belum lagi beberapa makanan dan minuman yang kondisi kemasan dan barang di dalamnya rusak.

“Kalau di Gondanglegi kebanyakan makanan dan minuman yang expired. Kami temukan ada yang kedaluarsanya tahun 2015 hingga, dan paling parah 2001 dan 2006,” tambahnya.

Ia mengimbau kepada pembeli agar lebih memperhatikan konsumsi makanan dan kosmetik dengan memeriksa tanggal kedaluarsa. Karena barang yang kedaluarsa kualitasnya sudah jatuh.

“Pedagang akan kami undang pada Selasa depan untuk sosialisasi. Mereka harus faham. Kalau pedagang yang bersih, di sana kami tempelkan stiker bertuliskan aman,” tutup Hasan.