Tim Independen Pasar Blimbing Jamin Netralitas

0
8
Pasar Blimbing Tampak Depan

MALANGVOICE – Tim independen yang ditunjuk Dinas Pasar untuk mengkaji site plan ternyata sudah bergerak dengan mengumpulkan dokumen-dokumen perjanjian antara pedagang dan investor.

Kepala Tim Ahli Bangunan Gedung, Sugeng Budio, menjelaskan, proses pengkajian mengecek dan mengukur lokasi pasar akan menyita banyak waktu.

“Kajian yang kami lakukan berpedoman pada sertifikat yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN),” kata Sugeng, melalui sambungan selulernya.

Ia menambahkan, seluruh kajian akan disesuaikan dengan data awal dan dipadukan dengan site plan versi pedagang dan investor. Keduanya akan dijadikan bahan kajian.

“Progres saat ini sudah sampai pada pengkajian, dan berlangsung lancar, karenanya kami yakin bisa selesai tepat waktu,” tandasnya.

Tim independen akan memberi gambaran secara netral dan independen. Untuk membuktikannya, Kepala Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya, itu akan bekerja dengan transparan.

“Seluruh proses pengkajian terbuka bagi pedagang dan investor, tapi kedua pihak itu tidak boleh ikut campur tangan,” tandasnya.

Tim independen terdiri dari empat orang, masing-masing berprofesi sebagai akademisi dan praktisi yang berasal dari berbagai lembaga. Khusus untuk pengecekan dan pengukuran lokasi, tim akan melibatkan pihak lebih banyak.

“Tahapan pengukuran di lokasi merupakan proses yang paling memakan waktu,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pasar juga dilibatkan dengan harapan hasil kajian berupa saran dan rekomendasi serta masukan yang menguntungkan kedua belah pihak.

“Pada dasarnya kami usahakan selesai secepatnya, agar pedangan tak terlalu menunggu dan investor segera mendapat kepastian,” pungkasnya.