Tiket Matarmaja Sold Out Sampai Tahun Depan

0
3
Suasana penjualan di loket Stasiun Kota Baru Malang. (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Penjualan tiket kereta api di periode liburan akhir tahun menunjukkan pergerakan yang signifikan meskipun belum mencapai masa puncak. Diperkirakan, penjualan tiket akan melonjak setelah liburan sekolah dimulai.

“Sekarang keluarga yang mau liburan kan masih menunggu jadwal anaknya yang sekolah. Jadi kemungkinan baru ada lonjakan ketika jadwal libur sudah dipastikan,” jelas Kepala Stasiun Kota Baru, Joko Andri.

Ia mengatakan, meskipun belum ada lonjakan, namun sebagian besar tiket sudah terjual terutama mulai tanggal 22 Desember 2015 hingga 5 Januari 2016 mendatang. Beberapa tanggal yang sampai saat ini masih tersedia tiket ya adalah di 25, 29 dan 30 Desember.

“Rata-rata memang sudah terisi. Kalaupun ada yang tersisa hanya sekitar 40 sampai 50 seat. Salah satunya kereta Jayabaya,” jelas Kepala Stasiun Kota Baru, Joko Andri.

Khusus untuk kereta ekonomi Malang – Jakarta, Matarmaja. Kursi telah terjual habis untuk jadwal 20 Desember 2015 hingga 5 Januari 2016 mendatang. Kendati demikian, hingga saat ini tidak ada rencana penambahan untuk rute favorit tersebut.

“Kalau untuk kelas ekonomi memang tidak ada penambahan. Sedangkan rute eksekutif, ada sedikit penambahan. Seperti kereta Jayabaya dari yang 7 gerbong menjadi 8 gerbong selama periode liburan akhir tahun,” kata Joko.

Ia menuturkan, meskipun angka pemesanan tiket cukup tinggi, namun saat ini harga belum menyentuh batas atas. Kereta Gajayana misalnya, harga tiket yang berlaku saat ini dikisaran Rp 565 ribu atau jauh dari batas atas yang ditetapkan sebesar Rp 700 ribu.

“Memang ramai, tetapi tak bisa seramai saat lebaran, sehingga harganya pun tak sampai menyentuh tarif batas atas,” terangnya.