Tidur Selalu Ngorok, Minum Ramuan Ini

0
465
orang tidur (anja)
orang tidur (anja)

MALANGVOICE – Mendengkur atau ngorok saat tidur terjadi ketika udara terhalang masuk saat bernafas. Saluran udara rongga pernapasan menyempit sehingga bergetar dan menimbulkan suara keras.

Menurut seorang dokter di jalan Ciliwung, dr Devika Yulianti, penyebab mendengkur bisa karena penyakit sinusitis, faktor usia, gangguan pada hidung, berat badan berlebih, radang amandel, dan posisi tidur.

“Kalau mau menghilangkan kebiasaan ngorok itu, harus diatasi akar masalahnya. Contoh, kalau gemuk ya harus diet,” tandasnya.

Sedangkan ngorok yang disebabkan oleh gangguan pada saluran nafas, dapat diatasi dengan menggunakan beberapa cara alami.

Salah satunya dengan daun kapulaga. Rempah ini sering digunakan sebagai bumbu masakan India.

“Lumayan mahal sih, tapi ini efektif sekali atasi lendir di rongga pernapasan,” tukasnya.

Untuk mengatasi tidur mendengkur, tuang setengah sendok makan bubuk kapulaga ke dalam 250 ml air hangat. Aduk hingga merata, minum ramuan alami ini 30 menit sebelum tidur malam.

Ia menambahkan, minyak zaitun juga bisa mengendurkan jaringan pada saluran udara dan mengurangi pembengkakan mukosa. Sehingga mencegah gesekan karena getaran saat aliran udara melewati velum dan uvula, yang menyebabkan ngorok.

Caranya campur setengah sendok makan minyak zaitun dan satu sendok teh madu, kemudian minum sebelum tidur malam.

“Rutin minum tiap malam sampai dengkur hilang,” tutupnya.