The Balava Bidik Tamu FIT

0
76
Front office The Balava.

MALANGVOICE – Belum genap 1 tahun beroperasi, The Balava Hotel mulai menunjukkan perkembangan positif. Hingga akhir 2015 lalu. Hotel yang lokasinya berdekatan dengan Stasiun Kota Lama itu membukukan okupansi rata-rata sebesar 55 persen.

“Beroperasi sekitar semester kedua 2015. Tingkat hunian yang cukup bagus didukung salah satunya oleh momen liburan akhir tahun,” kata Front Office Manager The Balava Hotel, Fanny Kartika Sari.

Fanny menjelaskan, dari 55 persen tersebut, tamu pemerintahan dan perusahaan mendominasi sebesar 40 persen, diposisi kedua Online Travel Agent (OTA) dengan kontribusi 36 persen dan ketiga Free Independent Traveller (FIT) sebesar 20 persen.

Perempuan berambut panjang ini melanjutkan, di 2016 The Balava Hotel meningkatkan target okupansi rata-rata menjadi 70 persen. Untuk mencapainya, hotel bintang empat tersebut akan menyeriusi segmen FIT. Hal itu terlihat dari target kontribusi para pelancong independen yang dinaikkan menjadi 36 persen dari tahun lalu hanya 20 persen.

“FIT punya banyak keunggulan. Tamu perorangan kalau sudah digrab, bisa menarik tamu lain. Selain itu, revenue dari tamu pelancong juga lebih besar ketimbang OTA maupun MICE,” urai Fanny.

Saat ini The Balava memiliki 120 kamar, terdiri dari Suite, Deluxe dan Superior. Publish rate yang berlaku saat ini mulai Rp 750 ribu untuk superior, Rp 900 ribu untuk deluxe dan Rp 1,4 juta untuk suite.